Friday, January 22, 2010

cara Membuat Donate Me

Sekilas tentang PayPal
PayPal adalah “jasa penengah atau broker” paling populer di dunia saat ini untuk transaksi online. Dahulu Moneygrams dan wire transfer menjadi standard pembayaran, namun sekarang lebih dari 99 juta pengguna internet lebih memilih PayPal untuk mengirim uang satu dengan yang lainnya. PayPal telah mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan untuk transfer uang online, hampir 95% pembayaran eBay menggunakan PayPal.


Cara kerja PayPal ?
Sebagai broker dalam transaksi online, PayPal mempermudah seseorang dalam melakukan pengiriman uang hanya dengan “email penerima”. Pihak lain tidak dapat melihat informasi kartu kredit atau account bank. Hal ini menjadi kelebihan PayPal dalam menjaga keamanan data pribadi penggunanya.
Mari membuat account PayPal
Kunjungi website http://paypal.com lalu ikuti tahap demi tahap proses registrasi account baru.
Apa sih donate button PayPal itu?
Donate button adalah sebuah tombol. Jika tombol tersebut diklik oleh seseorang, maka orang tersebut akan dibawa ke halaman pembayaran donasi. Biasanya untuk donate, uang yang diberikan tidak terlalu besar (karena sifatnya sumbangan, he he he) biasanya berkisar antara $1-$5. Donate Button biasa diletakkan di blog
Bagaimana cara membuat “donate button PayPal”
  1. Login ke account PayPal, klik  “Merchant Tools”.  Scroll kebawah hingga “PayPal Website Payments Standard“.
  2. Klik link “Donations“. Maka akan terbuka halaman pembuatan Donation Button Paypal.
  3. Kelihatannya ada banyak yang harus diisi, jangan khawatir.. kosongkan saja bagian “(optional)” .
  4. Kalo kita mau menentukan jumlah minimal yang harus didonasikan, isikan dalam bagian “Donation Amount:“. Catatan: Sekali minimal besaran donasi dibuat, donator tidak dapat menyumbang lebih kecil dan juga tidak dapat lebih besardaripada nilai sumbangan yang kita tentukan.
  5. Pada bagian “Choose a donation button to put on your website (optional)“, kita bisa memilih tombol donasi kita sendiri ataupun menampilkan gambar pilihan sendiri.
  6. Sedangkan untuk “Security Settings“, Saya rekomendasikan untuk memilih “Yes” untuk melakukan enkripsi pada payment button kita. Ini akan melindungi alamat email paypal kita.
  7. Lalu klik “Create Button Now” dibawah halaman web untuk menyelesaikan proses pembuatan PayPal donation button kita.
  8. Akhirnya jadi juga kode HTML Donate Button Paypal untuk memungkinkan si Pembaca menyumbangkan sebagian dananya kepada kita (misalnya untuk keperluan amal, atau bantuan kemanusiaan dll). Copy dan paste ke website kita.
    Untuk latihan: ketik ulang kode berikut ini pada file NOTEPAD kemudian save as dengan nama “Paypal.html”, lalu klik 2x pada file html yang telah kita buat. Selesai.

No comments:

Post a Comment